B. Pendekatan Pengajaran Menulis: Tradisional dan Proses
| |||
D. Proses Pembelajaran Menulis
- Menulis topik berdasarkan pengalaman sendiri
- Melakukan kegiatan-kegiatan latihan sebelum menulis
- Mengidentifikasi pembaca tulisan yang akan mereka tulis
- Mengidentifikasi tujuan kegiatan menulis
- Memilih bentuk tulisan yang tepat berdasarkan pembaca dan tujuan yang telah mereka tentukan
- Berbagi tulisan dengan teman-teman (kelompok)
- Berpartisipasi secara konstruktif dalam diskusi tentang tulisan teman-teman sekelompok atau sekelas
- Mengubah tulisan mereka dengan memperhatikan reaksi dan komentar baik dari pengajar maupun teman
- Membuat perubahan yang substantif pada draft pertama dan draft berikutnya, sehingga menghasilkan draft akhir
- Membetulkan kesalahan bahasa tulisan mereka sendiri
- Membantu membetulkan kesalahan bahasa dan tata tulis tulisan mereka sekelas/sekelompok
- Mengoreksi kembali kesalahan-kesalahan tata tulis tulisan mereka sendiri
- Mempublikasikan (memajang) tulisan mereka dalam suatu bentuk tulisan yang sesuai, atau
- Berbagi tulisan yang dihasilkan dengan pembaca yang telah mereka tentukan.
Posting Komentar - Back to Content