Indonesia merupakan negeri yang penuh dengan keindahan alam budaya serta kaya akan hasil alamnya. Jika oarang asing datang ke indonesia pasti ia kagum dengan indahnya negeri ini. Begitu banyak peninggalan sejarah yang tak terlupakan.
Hal ini manjadika indonesia semangkin terkenal ke Kancah dunia internasional. Indonesia yang terbagi menjadi beberapa pulau besar juga di kelilingi ribuan pulau kecil nan indah menambah indahnya negeri ini. Sudah sepatutnya kita bersyukur dengan anugrah tuhan yang tiada tandingnya.
Letak indonesia yang terpecah-pecah menjadikan indonesi semakin indah. Karena hampir setiap daerah indonesia memiliki pantai-pantai yang indah dan memiliki ciri khas sendiri. Kita sendiri takkan mampu untuk menghitung berapa banyak kendahan dan budaya yang telah tercipta di indonesia.
Bahkan indonesia juga terkenal akan pahlawan yang tangguh dan hebat serta penuh dengan keberanian. Bahkan sikap pantang menyerah juga melekat dalam jati diri bangsa indonesia. Tidak sedikit pula prestasi yang di dapatkan oleh bangsa ini, baik dalam olahrga, seni (menyanyi, menari),ilmu pengetahuan maupun teknologi.
Indonesia juga merupakan salah satu negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah. Seperti, minyak bumi, batu bara, timah, emas dan lainya. Indonesia juga memiliki sebush gunung yang merupakan salah satu puncak gunung tertinggi di dunia, dan memiliki ciri yang unik yaitu, memiliki sebuah es abadi di puncak gunungnya.
Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara maju seperti, Amerika Serikat dan dan jepang. Jadi jangan pernah malu unyuk belajar dan melestarikan budaya kita. Bertolak dari gagasan tersebut kita akan menjadi tertarik untuk terus mengadakan dialog semacam itu dengan berbagai keindahan nusantara ini, baik dari budaya atupun alam sekitar yang mendukung majunya pariwisata di negeri ini. Seperti budaya kita yang telah kemanca negara dan keindahan wisata baharinya. Namun keindahan ini semua tidaklah terlepas dari perjuangan pahlawan kita yang telah memperjuangkan bangasa ini dari para pnjajah yang ingin menguasai negeri yang kita cintai ini. Perjuangan para pahlawan bukan hanya mengorbankan harta benda, bahkan jiwa,raga dan nyawa juga telah di pertaruhkan oleh pahlawan kita yang tidak pernah lelah berjuang selama ratusan tahun. Menjaga dan melestarikan negeri ini merupakan suatu balasan yang harus kita lagukan untuk para pahlawan yang telah mempertahankan negeri ini.
Dalam kesempatan pembuatan makalah ini, kami menggunakan metode perpustakaan. Karena kami ingin memanfaatkan buku-buku yang kini jarang di gunakan oleh para siswa untuk membaca.
1.1 LATAR BELAKAN MASALAH
Yang menjadi pembahasan atau masalh utama dalam makalah ini adalah tentang sebuah lagu yang di ciptakan oleh Ismail MZ dan Subroto KA yang berjudul rayuan pulau kelapa. Yang telah masuk ke dalam daftar lagu nasional dan menjadi salah satu lagu yang selalu di kenang dan di nyanyiakan rakyat indonesia untuk selamanya.
Kami ingin mencoba memahami makna lagu dari ciptaan ismail marzuki. Serta apa maksud dan tujuan pencipta dalam menciptakan lagu tersebut. Untuk memahami hal tersebut perlu konsentrasi yang tinggi, karena lagu ini adalah sebuah lagu yang memiliki niai seni dan bobot yang tinggi.
Di kehidupan zaman sekarang hal yang paling perlu di perhatikan adalah tentang pesan pencipta untuk alam yang menjadi temapt tinggal kita khususnya indonesia. Sebagai warga negara yang baik kita juga harus ikut turut serta dalam melestarikannya. Jangan pernah kita merusak ataupun mengabaikan budaya dan keindahan alam di negeri ini. Kita harus berusaha menjaganya agar kita semua keindahan yang telah tercipta tidak punah begitu saja.
1.2 PERUMUSAN MASALAH
Dalam makalah ini yang akan di bahas adalah hal-hal sebagai berikut:
- Ø kehidupan kompenis
- Ø Motivasi dan tujuan kompenis mengarang lagu
- Ø Penjabaran isi lagu
- Ø Pengertian dan peranan unsur estetis dalam sebuah lagu
- Ø Kesimpulan dan saran
1.3 TUJUAN PENELITIAN
Penelitia ini kami lakukan dengan tujuan sebagai berikut:
- Ø Agar kita Lebih mengenal budaya indonesia
- Ø Agar kiata mau menghargai budaya sendiri
- Ø Untuk meningkatkan rasa cinta terhadap negeri sendiri
- Ø Menciptakan generasi yang lebih baik
- Ø Memberiakn contoh yang baik kepada generasi muda
BAB II
LATAR BELAKANG KOMPENIS MENGARANG LAGU
Ismail marzuki memiliki sebuah obsesi yang tinggi, serta daya fikir yang intelektual. Ia merupakan seorang pejuang sejati dan karya-karyanya tetap di kenang sepanjang masa. Berikut ini kami akan mencoba membahas beberapa perrjalan hidup ismail marzuki dalam menciptakan lagu-lagunya.
2.1 SEJARAH KEHIDUPAN KOMPENIS SEBAGAI PENGARANG
Ismail marzuki lahir daan besar di jakarta dari keluarga betawi. Ia lahir di Kwitang, senen, batavia, 11 mei 1914, dan meninggal di kampung bali, tanah abang, jakarta, 25 mei 1958 pada umur 44 tahun. Ia adalah salah saatru kompenis besar indonesia. Namanya sekarang di abadikan sebagai suatu pusat seni di jakarta yaitu Taman Ismaail Marzuki di kawasan selemba, jakarta pada tahun 1968. Dan ia di nobatkan sebagai pahlawan nasional pada tahun 2004
Ia sempat mendirikan orkes empat sekawan. Selain itu ia juga di kenal publik ketika mengisi musik dalam film Terang Bulan. Setelah usia beliau menginjak empat bulan ibunya meninggal dunia. Kemudian ia di asuh oleh kakak perempuannya yang usianya lebih tua dua belas tahun darinya.
Sejak kanak-kanak ia sudah tertarik dengan lagu-lagu. Di rumahnya ada gramaphone dan persediaan piringan hitam cukup banyak. Ia sangat mengagumi lagu dari prancis dan italia, lagu-lagu berirama rumba, samba, tango, dan sebagainya. Semenjak duduk di bangku MULO, ia sudah ikut grup musik untuk menyalurkan hobinya. Dalam bandnya ia memegang alat musik petik banyo ala dixiland. Ismail marzuki memulai debutnya di bidanng musik pada usia 17 tahun, ketika untuk pertama kalinya ia berhasil mengarang lagu “ O Sarinah” pada tahun 1931. Beliau memiliki kepribadian yang luhur di bidang seni. Tahun 1936 maing memasuki perkumpulan orkes musik lief java sebagai pemain gitar, saxephone dan harmonium pompa.
Dalam menciptakan lagu-lagu, ia betul-betul memperhatikan kaidah-kaidah dalam musik misailnya membuat melodi, mengatur jalannya irama, membagi perkalimat di dalam musik beserta tempo yang di gunakan, yang semua itu di sesuaikan dengan syairnya, setelah menghasilkan sebuah ekspresi yang pas yang terasa wajar, tidak di buat-buat sederhana tetapi sangat indah dan memiliki bobot yang tinggi.
Ismail marzuki marzuki memiliki lagu yang sangat populer dan kini menjadi salah satu lagu nasional indonesia yaitu Rayuan pulau kelapa yang di gunakan sebagai lagu penutup akhir siaran oleh stasiun TVRI pada masa pemerintahan orde baru.
- Seniman Pejuang
- Pelopor Musik Modern
- Pelopor Bintang radio
Karya-karya ismail marzuki pada priode ini secara kronologis:
- selamat datang pahlawan muda
- karangan bunga dari selatan
- sampul surat
- lenggang bandung
- bandanerai
- kasim baba
- keroncong serenata
- sarina
- bandung sealatan di waktu malam
- sepasang mata bola
- rayuan pulau kelapa
- wanita
- melati di tapal batas
- gugur bunga
- aryati
Ismail mempelajari buku-buku perpustakaan tentang teori-teori musik, laras tangga dan ilmu melodi. Komponis autodidaknya selalu di peraktekkan di piano yang pernah ia geluti secara ruti dan ini menghasilkan suatu improvisasi murni yang mengilhami pikirannya menulis lagu. Maka dalam menciptakaan ismail mendapat pengaruh dari musik-musik tersebut.
Sebagai manusia yang mendapat anugerah dari tuhan berupa talenta musik, ismail marzuki berhasil mengembangkan bakatnya sehingga sukses, melalui usaha-usaha yang sangat serius dan tidak mengenal lelah dalam mempelajari segala pengetahuan musik, menimba pengalaman yang telah menghasilkan karya-karya yang berbobot di sepanjang masa.
Dalam menciptakan lagu-lagu, ia betul-betul memperhatikan kaidah-kaidah dalam musik misalnya dalam membuat melodi, mengatur jalannya irama, membagi perkalimatan di dalammusik serta tempo yang di gunakan, yang semua itu di sesuaikan dengan syairnya, setelah menghasilkan sebuah ekspresi yang pas dan terasa wajar, tidak di buat-buat sederhana tetapi sangat indah dan memiliki bobot yang tinggi.
Di dalam lagu-lagu ciptaanya, agaknya ismail marzuki begitu jeli memilih kisah perjuangan dan kisah kehidupan sehari-hari terutama percintaan, serta memadukan kisah-kisah percintaan dalam lagu perjuangan. Inilaha yang terasa menjadi cirei khas pada lagu-lagu ciptaannya. Lagu itu sendiri menjadi lebih hidup serta segar di sepanjang masa.
2.2 MOTIVASI KOMPENIS MENGARANG LAGU
Motivasi ismail marzuki dalam mengarang lagu “ Rayuan Pulau Kelapa “ adalah sebagai berikut:
- melihat perjuangan rakyat indonesi yang tak pernah berhenti untuk memperjuangkan bangsa ini dari para penjajah yang datang untuk merampas negeri ini demi kepentingan mereka.
- Rasa cintanya terhadap tanah air. Menciptakan lagu merupakan salah satu bentuk perjuangannya dalam mempertahanakan negeri ini. Semua lagu-lagu caitaannya sengaja di dedikasikan bagi seluruh rakyat indonesia untuk tetap memperjuangkan negeri ini
- Sebagai batu loncatan untuk mengembangkaan karya musiknya. Meskipun profesi seniman kurang di anggap baik, ia tetap menekuni profesi tersebut. Ia ingi membuktikan kepada semua rakyat indonesia, bahwa seniman juga suatu frofesi yang baik dan mulia.
2.3 TUJUAN KOMPENIS MENGARANG LAGU
1.sebagai tempat pencurahan isi hatinya. Ia merasa prihatin dengan kesesengsaraan yang di alami rakyat indonesia. kelaparan terjadi di mana-mana. Kemiskinan semakin menjalar, bahkan kematian terus mengintai.
2. untuk pedoman bagi rakyat indonesia untuk tetap bersemangat, serta berjuang melalui jalur yang telah di tetapkan, untuk tetap bersatu dan bersama selamanya.
3. sebagai penghibur hati rakyat yang sedan berduka, karena penjajahan yang belum usai. Dan sebbagai tempat mengennang para penjajah yang telah gugur dalam membela negeri ini.
BAB III
TINJAUAN TENTANG PENJABARAN ISI LAGU RAYUAN PULAU KELAPA
RAYUAN PULAU KELAPA
DO=C ISMAIL MARZUKI
4/4 SEDANG SUBROTO KA
3.1 PENGERTIAN UNSUR ESTETIS PADA LAGU
Unsur estetis adalah nilai-nilai keindahan dalam suatu lagu. Unsur estetis tidak bisa di raba dan di lihat, tetapi dapat di rasakan melalui jiwa dan hati. Pengertian ” estestika “ pada dasarnya hanya terbatas renungan filsafat tentang seni. Ia membicarakan seni keindahan cita rasa seni. Ajaran plato mengatakan bahwa seni adalah pencarian dan penemuan secara spontan, wajar dan penuh kejujuran. Seni berkaitan dengan penemuan keseleraan yang sebenarnya ada pada diri semua orang.
Konsep bahwa seni selalu indah, adalah idealisme dari alam oleh manusia seperti yang di anut kebudayaan yunani kuno sebenarnya adalah salah satu dari yang ada. Ia berbeda dengan ideal seni Cina dan seni India yang cenderung kepada bentuk yang meta fisik, abstrak, religius dan lebih bertumpu pada intuisi daripada rasio. Juga berlainan dari pada ideal seni bangsa primitif yang lebih dekat dengan perasaantakut pada gejala alam yang misterius serta keyakinan mereka akan adanya kekuatan gaib yang mengatur hidup mereka. Seperti karya seni patung aprodite Yunani, patung budha dari india danpatung berhala dari irian jaya adalah mengungkapkan ideal bentuk yang berbedaa sekalipun ketigaanya tergolong cabang seni yang sama.
Pada umumnya orang beranggapan bahwa yang indah adalah seni, dan yang tidak indah berarti bukanlah seni. Pandangan semacam ini akan menyulitkan masyarakat dalam mengapresiasi seni sebab tidak harus selalu indah, demikian pendapat Herbert Read.
Dari uraian di atas dapat direnungkan bahwa sebenarnya terdapat konsep tentang “ keindahan “ , yaitu konsep obyektif dan konsep subyektif. Konsep obyektif beranggapan bahwa keindahan adalah sifat atau kualitas yang secara intern melekat pada suatu karya yang tergantung pada proses pengamatan. Keindahan adalah ciri yang di timbulkan oleh adanya keserasian diantara bagian-bagiannya, sehingga memenuhi prinsip-prinsip tertentu. Konsep subyektif beranggapan bahwa keindahan sebenarnya hanya tanggapan perasaan dalam diri kita sewaktu mengamati karya yang harmonis tersebut.
3.2 PERANAN UNSUR-UNSUR ESTETIS TERHADAP LAGU RAYUAN PULAU KELAPA
Peranan unsur estetis pada lagu sangat erat baik dari keindahan lagu tersebut untuk di dengar atau penggunaan tempo dan irama yang di gunakan untuk menjadikan lagu yang indah. Berikut ini adalah beberapa unsur estestika yang berkaitan dengan lagu rayuan pulau kelapa:
- tanda birama adalah ketukan yang datang berulang-ulang
dengan tertur dalam waktu yang sama.
- nada dasar adalah sebagai unsur estestis pada suatu lagu yang sifatnya untuk menentukan tinggi rendahnya lagu yang di nyanyikan.
- Pola irama adalah unsur-unsur estetis yang pola irama yang sifatnya merupakan susunan nada-nada dalam sebuah lagu.
- Irama yaitu gerakan setara pada nada.
- Lirik lagu yaitu susunan-susunan pada kalimat lagu.
- Tempo yaitu waktu yang menentukan cepat atau lambatnya ssebuah lagu.
- Aartikulasi yaitu arti dari kalimat lagu.
3.3 PENJABARAN TENTANG ISI LAGU RAYUAN PULAU KELAPA SESUAI
DENGAN PARTITUR LAGU
Lagu rayuan pulau kelapa menceritakan tentang tanah air indonesia yang merupakan negeri yang sangat indah, dan merupakan negeri yang amat di cintai oleh seluruh rakyatnya. Dalam lagu ini juga menceritakan tentang indonesia yang memiliki kesuburan tanah dan kekayaan alamnaya.
Tanah airku aman dan makmur artinya adalah negeri yang aman bagi setiap warga negara yang tinggal di negeri ini. Karena negeri ini adalah negeri yang tidak membeda-badakan manusia, sebab manusia itu sama di mata allah. Serta indonesia juga merupakan negeri yang makmur, artinya yang paling utama dalam suatu negara adalah kesejahteraan rakyatnya. Jika rakyatnya sejahtera tentu negara itu tidak akan di golongkan kepada negara miskin. Pemerintah sudah mulaai melakukan pembangunan, pembangunan itu sendiri bertujuan untuk menunjang kesejahteraan rakyatnya.
Melambai-lambai nyiur di pantai adalah daun kelapa yang bergoyang karena di tiup angin. Alangkah senangnya hati apabila bisa menikmati keindahan pantai, dengan angin yang begitu sejuk di tambah lagi dengan deburan ombak yang memecah kesunyian.
Berbisik-bisik raja klana, yaitu berbisik-bisik tumbuhan yang sangat indah ini, maka dapat membius siapa saja yang melihat dan merasakan keindaahannya. Pemandangan di tepi pantai yang membuat hati merasa sangat bahagia dan terasa damai. Berbisik-bisik raja klana adalah berbisik-bisik tumbuhan yang juga ikut memuja pulau yang sangat indah di pandang ini.
Memuja pulau kelapa nan indah permai adalah setiap orang yang senantiasa memuja pulau yang sudah sangat terkenalkeindahan dan bukan khayalan semata tetapi keindahan alam yang nyata yang masih asli dan damai yang akan menjadi warisan anak cucu kita kelak, damai dan sejahteralah tanah air ku indonesia.
A.Letak indonesia berdasarkan letak geografisnya
1. Letak geografis
Letak geografis adalah letak suatu wilayah/negara berdasarkan kenyataannya di permukaan bumi, sedangkan posisi geografis indonesia berada di antara 2 (dua) benua (benua Asia dan Australia),dan antara 2 samudera (samudera Hindia dan Pasifik), sedang posisi geografis berada di antara jalur lalu lintas dunia atau pada posisi silang jalur perdagangan dan pelayaran dunia.
Letak geografis indonesia yang berada di antara 2 samudera dan 2 benua, berpengaruh terhadap indonesia antara lain, yaitu:
ü Memiliki musim muson
ü Memiliki iklim laut
ü Memiliki letak yang strategis, terletak pada jalur perdagangan internasional
ü Terletak di tengah-tengah negara yang sedang berkembang
Letak astronomi adalah letak suatu negara berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Letak astronomi indonesia berada antara 6 LU-11 LS dan 95 BT-141 BT. Letak indonesia yang terletak pada 95 BT-141 BT, berpengaruh pada daerah waktu. Sehingga indonesia memiliki 3 daerah waktu yaitu:
ü WIB
ü WIT
ü WITA
Denan letak astronomi berada pada 6 LU-11 LS, indonesia memiliki iklim tropis. Ciri-ciri iklim tropis yaitu:
ü Menerima penyinaran matahari sepanjang tahun
ü Kelembaban cukup tinggi
ü Memiliki curah hujan cukup tinggi
ü Memiliki hujan hutan tropis yang luas
2. Perubahan musim di indonesia
- Arah angin musim di indonesia
ü Angin muson barat (Timur laut)
Angin muson barat terjadi pada bulan Oktober-April yaitu saat matahari berada di bumi bagian selatan. Angin muson barat melalui laut yang sangat luas, sehingga banyak membawa uap air yang menyebabkan di indonesia terjadi musim penghujan.
ü Angin muson Timur (Tenggara)
Angin muson timur terjadi pada bulan April-Oktober, yaitu ketika matahari berada di belahan bumi sebelah Utara sehingga daratan Asia lebih banayak mendapat sinar matahari sehingga di indonesia terjadi musim kemarau.
2. Faktor penyebab terjadinya pergantian musim
a. Letak lintang
- Rotasi bumi
3. Macam-macam musim di indonesia
- Musim penghujan
- Musim kemarau
- Musim paancaroba
- Jenis-jenis hutan di indonesia dan fungsi hutan untuk kehidupan di muka bumi
Indonesia adalah suatu negara yaang memiliki hutan yang luas di dunia. Luas huta tersebut dulu mencapai 113 juta hektar dan terus berkurang drastis akibat kebodohan oknum pemerintah dan penjahat yang sellalu haus uang dengan membabat dan menggunduli hutan demi mendapat keuntungan yang besar tanpa melihat dampak bagi llingkungan global.
Berikut ini adalah bberbagai macam jenis hutan yang ada di indonesia
- Hutan Bakau
Hutan bakau adalah hutan yang tumbuh di daerah pantai berlumpur.
- hutan sabana
hutan sabana adalah padang rumput yang luas dengan jumlah pohon yang sangat sedikit dengan curaah hujan yang sangat rendah.
- hutan rawa
hutan rawa adalah hutan yang berada di daerah berawa dengan tumbuhan nipah.
- hutan hujan tropis
hutn hujan tropis adalah hutan lebat yang tumbuh di sekitar garis khatulistiwa yang memiliki curah hujan yang sanagat tinggi. Hutan jenis ini memiliki tingkat kelembapan yang tinggi, bertanah subur, humus tinggi serta dan basah serta sulit untuk di masuki oleh manusia. Hutan ini sangat di sukai pembalk hutan liar dan juga pembalah legal jahat yang senang merusak hutan dan merugikan negara sampai teriliunan rupiah.
- hutan musim
hutan musim adalah hutan dengan curah hujan tinggi namun mempunyai priode musim kemarau panjang yang mengguggurkan ddaun di musim kemarau.
Di samping itu juga ada hutan yang dii bbagi berdasarkan fungsinya
- hutan wisata
hutan wisata adalah hutan yang di jadikan suaka alam yang tujuannya untuk melimdungi tubuhan dan hewan yang telah langka agar tidak mengalami kepunahan di masa depan. Hutan suaka alam di larang untuk di tebangi atau da alih fungsikan. Biasanya hutan wisata di gunakan sebagai tempat rekreasi dan tempat penelitian.
- hutan cadangan
hutan cadangan merupakan hutan yanh di adikan sebagai lahan pertanian dan pemukiman penduduk.
- hutan lindung
hutan lindung adalah hutan yang di fungsikan sebagai penjaga keteraturan air dalam tanah ( fungsi hidrolisis ), menjaga tanah agar tidak terjadi erosi serta untuk mengatur iklim ( fungsi klimatologis ) sebagai penanggulangan pencemaran udara seperti dan co. hutan lindung sangat melindungi dari perusakan penebangan hutan yang umumnya terdapat di sekitar bibir-bibiir pantai.
- hutan produksi
hutan produksi adalah hutan yang dapat di kelola untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi. Hutan produksi dapat di kategorikan menjadi 2 golongan yakni hutan hutan rimba dan hutan budidaya. Hutan riba adalah huatan yang alami sedangkan hutan budidaya adalah hutan yang sengaja di kelola manusia yang biasa terdiri dari suatu jenis tanaman saja. Hutan rimba yaang di usahakan oleeh manusia harus menebang pohon dengan sistem tebang pilih denggan memilih pohon yang cukup umur dan ukuran, agar yang masih kecil tidak ikut rusak.
- persebarab flora di indonesia
Daerah yang curah hujannya tinggi memiliki hutan yang lebat dan jenis tanaman lebih bervariasi. Suhu udara juga mempengaruhi tanaman yang dapat hidup di suatu tempat junghun telah membuat zonasi. Zoonasi tumbuhan di indonesia adalh sebagai berikut:
- Ø Daerah panas (0-650 meter), tummbuhan yang coocok di daerah ini adalah kelapa, padi, jagung, tebu, karet
- Ø Daerah sedang ( 650-1500 meter ), tumbuhan yang cocok di daerah ini adalah kopi, tembakau, teh, sayuran
- Ø Daerah sejuk (1500-2500 meter), tumbuhan yang cocok adalah the, sayuran, kina, pinus
- Ø Daerah dingin (di atas 2500 meter), di daerah ini tidak ada tanaman budidaya, melainkan hanya di tumbuhi oleh lumut-lumut.
- pesebaran fauna di indonesia
Keanekaragaman dan perbedaan fauna di indonesia di penngaruhi oleh keadaan alam, secara ringkas 3 kelompok fauna di indonesia adalah sebagai berikut
- Ø fauan tipe asiatis, meliputi bagian barat indonesia sampai selat makasar dan selat lombok
- Ø fauna tipe australis, menempati bagian timur indonesia, meliputi papua dan pulau-pulau sekitarnya.
- Ø fauna peralihan dan asli, terdapat di bagian tengah indonesia, meliputi sulawesi dan nusa tenggara
B. DASAR NEGARA INDONESIA
1. PENGERTIAN DASAR NEGARA
Dasar negara adalah fundamen yang kokoh dan kuat serta bersumber dari pandangan hidup atau falsafah yang di terima oleh seluruh lapisan masyarakat. Dasar negara indonesia adalah pancasila amanat sumpah pemuda, yang berkaitan dengan pembentukan komitmen untuk merngangkat harkat dan martabat hidup rakyat indonesia asli, telah menjadi sifat oarang-oarang indonesia.
Peranannya sebagai sifat bangsa, pancasila harus berfungsi sebagai sumber dari segala sumber hukum yang berlaku dan akan di berlakukan di seluruh wilayah NKRI. Di karenakan fungsinya sebagai sumber dari segala sumber hukum di wilayah NKRI, pancasila akan menjadi keyakinan standar bangsa indonesia. Sehingga, pancasila akan menjadi filsafat bangsa, karena definisi falsafah bangsa adalah keyakinan standar dari berbagai macam keyakinan yang ada di dalam kehidupan bangsa tersebut dengan hukum yang pasti tetap, dan di terima oleh siapapun juga.
2. PROSES PENYUSUNAN DAN PENETAPAN DASAR NEGARA
a). Tahap pembentukan BPUPKI
BPUPKI di bentuk pada tanggal 29 april 1945 dan di lantik pada tanggal 28 mei 1945. Pembentukan BPUPKI memberi kesempatan secara legal kepada indonesia untuk mempersiapkan kemerdekaan dan merancang UUD yang berisi dasar negara.
b). tahap penyusunan konsep rancangan dasar negara dan
UUD
ü Sidang pertama BPUPKI (29 mei s/d 1 juni 1945)
Pada sidang pertama ketua BPUPKI yang bernama K.R.T Radjiman Widyodiningrat menyampaikan tentang dasar falsafah yang akan di bentuk bagi bangsa indonesia. Usulan-usulan dasar negara RI yang muncul pada sidang ini antara lain :
ü Mr. Moh. Yamin
Secara lisan ;
- Prikebangsaan
- Prikemanusiaan
- Priketuhanan
- Prikerakyatan
- Prikesejahteraan rakyat
Secara tertulis;
- Ketuhanan yang maha ESA
- Kebangsaan persatuan indonesia
- Rasa kemanusiaan yang adil dan beradap
- Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
- Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
ü Prof. Dr. R. Soepomo
1). Paham negara persatuan
2). Hubungan negara dan agama
3). Sistem badan permusyawaratan
4). Sosialisme negara
5). Hubungan antar bangsa
ü Ir. Soekarnoe
- Kebangsaan indonesia
- Internasionalisme atau pri kemanusiaan
- Mufakat atau demokrasi ekonomi negara bersifat kekeluargaan
- Kesejahteraan sosial
- Ketuhanan yang berkebudayaan
Dapat di peras menjadi Trisila;
1) Sosialisme
2) Sosiodemokratis
3) Ketuhanan
Dapat di peras lagi menjadi Ekasila
1) Gotong Royong
Pada sidang BPUPKI belum tercapai kesepakatan tentang dasar Negara. Kemudian di bentuk panitia sembilan.
ü Panitia Sembilan
Anggota panitia sembilan adalah:
Ir. Soekarno Abikusumo Tjokrosoejoso
Drs. Moh. Hatta H. Agus Salim
Mr. A. A. Maramis Mr. Ahmad Soebarjo
K. H. Wahid Hasyim Mr. Moh. Yamin
Abd. Khar Muzakir
Pada tanggal 22 juni 1945 Panitia Sembilan berhasil merumuskan dasar Negara Indonesia yang dikenal dengan Jakarta Charter (Piagam Jakarta).
3. Sidang BPUPKI kedua (10 s/d 16 juli 1945)
Pada sidang kedua ini membicarakan tentang rancangan UUD Negara Indonesia dengan membentuk panitia kecil yaitu;
Panitia kecil yang di pimpin oleh Ir. Soekarno
- Bertugas merumuskan rancangan pembukaan UUD yang berisi tujuan dan asaa Negara Indonesia
- Panitia kecil yang di pimpin oleh Prof. Dr. Mr. R. Soepomo
- Bertugas merumuskan rancangan batang tubuh UUD dan naskah proklamasi
Pada tanggal 14 juli 1945 telah di terima rancangan dasar Negara sebagai mana tersebut dalam PiagaSm Jakarta yang di cantumkan dalam pembukaan dari rencana UUD yang sedang disiapkan.
BAB IV
KESIMPULAN DAN SARAN
4.1 KESIMPULAN
Ismail marzuki lahir dan besar di jakarta dari keluarga betawi. Ia lahir di Kwitang, senen, batavia, 11 mei 1914, dan meninggal di kampung bali, tanah abang, jakarta, 25 mei 1958 pada umur 44 tahun. Ia adalah salah saatru kompenis besar indonesia. Namanya sekarang di abadikan sebagai suatu pusat seni di jakarta yaitu Taman Ismaail Marzuki (TIM) di kawasan selemba, jakarta.
Unsur estetis adalah nilai-nilai keindahan dalam suatu lagu. Unsur estetis tidak bisa di raba dan di lihat, tetapi dapat di rasakan melalui jiwa dan hati. Pengertian ” estestika “ pada dasarnya hanya terbatas renungan filsafat tentang seni. Ia membicarakan seni keindahan cita rasa seni.
Dalam lagu rayuan pulau kelapa ini telah di jabarkan secara detail mengenai indahnya.
4.2 SARAN
indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya dan harus di jaga selamanya. Ini adalah warisan yang tidak ternilai harganya.
Sebagai geneasi penerus bangsa sudah seharusny kita menjaga negeri ini. Negeri ini merupakan warisan leluhur yang harus kita jaga dan lesatarikan. Jangan sampai negeri yang kita cintai ini di jajah kembali oleh orang asing. Isilah kemerdekaan ini dengan hal-hal yang baik. Serta terus lah lestarikan budaya warisan leluhur.
Budaya juga warisan yang tak ternilai harganya, jangan sampai budaya kita di klaim oleh negara lain. Cintai dan hargailah budaya kita, karena hanya kita yang mampu mejaga dan melindungi negeri kita. Sebgai genersi muda teruslah meraih prestasi agar dapat memajukan dan membanggakan negeri ini, di manapun kita berada tetaplah ingat pada negeri ini.
kelanjutannya kilk Dsini
Posting Komentar - Back to Content